Selasa, 20 November 2012

Seputar Cegukan Dan Cara Mengatasinya

Tahukan cegukan ? Ya semua orang sepertinya pernah mengalami yang namanya cegukan, dari anak-anak sampai orang tua. Lalu apa sih sebenarnya yang terjadi pada tubuh kita saat mengalami cegukan dan bagaimana cara mengatasi cegukan? Berikut penjelasannya.

Dalam dunia medis cegukan disebut dengan singultus (inggris: hiccup, hiccough), yaitu gangguan pada sistem pernafasan, dimana terjadinya kontraksi otot-otot pernapasan (diapraghm spasms) yang menyebabkan timbulnya gerakan menarik nafas tiba-tiba diikuti dengan menutupnya epiglottis (katup saluran pernafasan) secara tidak normal (Gambar 1), sehingga menimbulkan efek suara yang khas (hik…hik…).



Kapan Cegukan Terjadi
Dalam kondisi normal, artinya cegukan bukan karena pengaruh penyakit tertentu, misalnya gangguan pada sistem saraf pusat, gangguan metabolisme atau karena pengaruh obat-obatan tertentu, cegukan biasanya terjadi disaat kita makan terlalu kenyang, minum minuman berkarbonasi, atau karena perubahan suhuh yang mendadak. Bisa pula disebabkan karena faktor emosional seperti histeris maupun menangis. 
Cegukan normal terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur, dan berlangsung selama 10-30 menit. Namun apabila cegukan tidak berhenti dalam beberapa jam hingga berhari-hari, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter, karena hal tersebut merupakan gejala penyakit yang serius.

Cara Mengatasi Cegukan
Walaupun tidak ada jaminan untuk langsung sembuh total, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini :
  1. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan hingga rongga dada terasa penuh, menahannya beberapa detik (5-10 detik), kemudian melepaskannya melalui mulut secara perlahan-lahan, dilakukan beberapa kali hingga efek cegukan berhenti.
  2. bernafas di dalam kantong kertas beberapa menit, berkumur-kumur dengan air es, menyesap air dingin dan menelan satu sendok gula pasir.
Demikian, semoga bermanfaat .. :)

2 komentar:

Scout Man Nglawak mengatakan...

ceguuk ceguuk :D
kalo saya jika kena cegukan malah saya minumi air putih gan
bagaimana tuh ?

Heru Setiawan mengatakan...

wah boleh juga tuh. Tapi ane belum coba yang itu gan. makasih infonya :)

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls