Senin, 16 Juli 2012

SMK Negeri 3 Kimia Madiun

SMKN 3 Kimia Madiun

SEKOLAH menangah kejuruan ini didirikan pada tanggal 28 Agustus 1965, dan berlokasi di Rejoagung dengan nama STM Negeri 2 Madiun dengan Jurusan Kimia Industri, yang lebih dikenal sebagai STM cair karena berhubungan dengan bahan-bahan cair.

Kemudian pada tahun 1996 sekolah ini berpindah lokasi ke Jalan Mayjend Panjaitan, No. 20A, Madiun. Sesuai dengan SK No. 36929/104.7/PP/97 pada tanggal 5 Juni 1997 berganti menjadi SMK Negeri 3 Madiun. Dan sesuai SK No. MK 000738 tanggal 18 Mei 2005 menjadi sekolah yang terakreditasi B.

Pada tahun 2005 sekolah ini membuka jurusan baru yaitu Kimia Analis dan menambah jurusan lagi yaitu Minyak Atsiri. Selain itu, sekolah ini mengembangkan diri dengan membangun sekolah filial baru di daerah Demangan untuk mencukupi kekurangan ruang belajar siswa. Terakhir, pada 2011 membuka jurusan baru yaitu Pengawasan Muru Pangan (PMP).

Akhirnya, kini SMK Negeri 3 Madiun memiliki tiga jurusan, yaitu Kimia Industri, Analis Kimia, serta Pengawasan Mutu Pangan.

Ektrakurikuler

Kualitas tamatan sekolah kejuruan dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi pelajaran, siswa juga harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran.

Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMK Negeri 3 Madiun diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler lainnya adalah Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Pencinta Alam (PA), Olahraga (bola voli, bola basket, karate, tenis meja, tenis lapangan), dan Kerohanian. (TIM REDAKSI/S-2)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls