Minggu, 29 Juli 2012

Liga Italia


Sejarah Sepak bola Italia memiliki lebih dari satu abad kehidupan. Sepak bola adalah olahraga nasional Italia dan semangat mereka untuk olahraga ini adalah jelas, baik dalam lapangan sepak bola agresif, atau pada platform dari lapangan sepak bola itu sendiri.

Seri A (bahasa Italia: Serie A) adalah divisi teratas dalam liga sepak bola Italia. Seri A terdiri dari 20 tim sejak musim 2004/2005 (sebelumnya 18). Tiga tim terbawah didegradasikan ke Seri B, dan digantikan oleh tiga tim teratas dari divisi tersebut.

Seri A, dalam bentuknya seperti saat ini, dimulai sejak tahun 1929. Sebelumnya dari 1898 hingga 1929, kompetisi tersebut dibagi kepada grup-grup menurut wilayah. Pada tahun 1927 tidak ada tim yang diberikan gelar juara setelah Torino dicabut gelarnya oleh Federasi Sepak bola Italia (FIGC). Torino dinyatakan sebagai juara pada musim 1948-49 setelah sebuah kecelakaan pesawat menjelang akhir musim yang merenggut nyawa seluruh anggota tim.

Tim nasional Italia telah memenangkan FIFA. Piala Dunia empat kali: pada tahun 1934, pada tahun 1938, pada tahun 1982 dan pada tahun 2006 yang menduduki peringkat sebagai tim sepak bola kedua yang paling sukses di sepak bola kelas dunia, di belakang Brasil. Italia juga telah memenangkan UEFA. Piala Eropa sekali: pada tahun 1968 dan inti dari sepak bola Italia terdiri dari kelompok dengan nilai abadi dan potensi besar, klub terkenal seperti AC Milan, Juventus FC, AS Roma, FC Internazionale dan lain-lain telah menunjukkan bahwa sepak bola Italia adalah salah satu liga paling kompetitif di Eropa dan di seluruh dunia.

Keberhasilan menjadi juara biasanya disebut sebagai scudetto (perisai kecil) karena sang juara akan mengenakan sebuah lambang kecil dengan bendera Italia di seragamnya pada musim berikutnya. Klub yang paling berhasil adalah Juventus yang juara 27 kali, diikuti A.C. Milan dan Internazionale (17), dan Genoa C.F.C. (9).

Sepak bola Italia memiliki sejumlah pemain yang melegenda yaitu (Meazza, Benetti, Zoff, Baresi, Vialli, Baggio, Tardelli, Rossi, Altobelli dan banyak lainnya), pelatih sepak bola dengan pengetahuan bagus(Pozzo, Valcareggi, Friuli, Capello, Trapattoni , Lippi dan lainnya). Oleh karena itu sepak bola tetap dikembangkan dan berhasil mencapai puncaknya sebagai juara dunia.

Jadwal | Hasil | Klasemen | Piala FA | Klub

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls