Kamis, 23 Agustus 2012

Info dan Sejarah


Berdiri: 1905

Alamat: Avenida Eduardo Dato, s/n Spain

Telepon: (+34) 954 53 53 53 -

Surat Elektronik: sevillafc@sevillafc.es

Laman Resmi: http://www.sevillafc.es

Ketua: José María del Nido

Direktur: Ramón Rodríguez Verdejo 'Monchi'

Stadion: Ramón Sánchez Pizjuán, Seville

Sejarah Singkat

Didirikan pada 1905, Sevilla menjadi klub tertua yang didirikan di kota Sevilla dan yang kedua di wilayah Andalusia. Bermain di Primera Liga sejak musim 1934/35, Sevilla nyaris menjuarai gelar liga pertamanya lima tahun kemudian. Saat itu, Sevilla mencetak rekor mengesankan, antara lain dengan mengalahkan Barcelona 11-1, Valencia CF 10-3, dan Hercules CF 8-3. Sayangnya, pada pertandingan terakhir Sevilla ditahan imbang Hercules 3-3 sehingga gelar juara terbang ke tangan Atletico Aviacion.

Gelar tersebut baru datang musim 1942/43, sekaligus gelar terakhir Sevilla di Primera Liga hingga saat ini. Striker Oliver Ward mencetak 29 gol musim itu untuk turut memastikan gelar Sevilla. Enam tahun kemudian, Sevilla meraih gelar Copa del Rey terakhir sebelum diulangi kembali pada 2006/07. Sevilla menjadi tim semenjana di Spanyol sepanjang 1960-an hingga 1980-an. Beberapa kali klub terdegradasi dan naik promosi lagi dari Divisi Segunda.

Kebangkitan Sevilla saat ini ditandai dengan keberhasilan menjuarai Segunda musim 2000/01 bersama pelatih Joaquin Caparros. Pada 2004, presiden klub yang baru, Jose Maria del Nido, menyuntikkan dana segar berkat penjualan bintang binaan klub, Jose Antonio Reyes, ke Arsenal dengan transfer senilai €25 juta. Prestasi mulai mengalir. Dua tahun kemudian, Sevilla menghapus kemarau prestasi 58 tahun dengan menjuarai Copa del Rey dan Piala UEFA. Gelar Eropa tersebut diraih pada kesempatan pertama Sevilla tampil di final turnamen antarklub regional, sekaligus gelar Eropa pertama untuk klub asal Andalusia. Hebatnya, gelar Piala UEFA itu mampu dipertahankan Sevilla musim berikutnya. Namun, Sevilla belum mampu menularkan sukses serupa di kancah Primera Liga hingga saat ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls