Rabu, 24 Oktober 2012

Tahapan Pemberian MPASI Setelah Usia 6 Bulan Sampai 2 Tahun


Seperti yang dianjurkan para ahli nutrisi, pemberian MPASI dilakukan setelah usia enam bulan. Selain pencernaannya yang sudah berkembang, si kecilpun perlu mengenal jenis makannya. Bertambahnya usia tubuh si kecil butuh banyak nutrisi.

Pemberian makanan padat harus disesuaikan dengan usianya. Tiap bulannya kepadatan makanan bisa ditingkatkan. Jika bingung bisa simak tips pemberian Makanan Pendamping ASI berdasarkan usia ini.

Usia 7 Bulan

Di usia ini pengenalan makanan pertama kali dilakukan. Berikan dalam bentuk lumat atau lembut. Jenisnya bisa berupa buah yang dilumatkan dan bubur susu. Dapat diberikan dua kali sehari sebanyak dua sendok makan.


Usia 8 - 9 Bulan

Memasuki usia delapan bulan bulan si kecil bisa diberikan bubur biasa. Porsinya bisa ditingkatkan menjadi delapan sendok makan untuk sekali makan. Jangan lupa variasikan jenisnya agar nutrisinya jadi terpenuhi.


Usia 10 - 12 Bulan

Kepadatan makanan sudah bisa ditingkatkan. Seperti memberikan nasi lembek, bubur kacang hijau, biskuit dan pepaya. Di usia 10 bulan bayi sudah bisa diajarkan menggunakan sendoknya sendiri. Jika sudah terlatih, ajaklah makan bersama keluarga.


Usia 1 - 2 Tahun

Di usia satu tahun, gigi si kecil mulai tumbuh. Karena itu sudah bisa diperkenalkan dengan makanan keluarga. Supaya si kecil tahu dan mengenal pola makan yang benar. Seperti sarapan, makan siang dan makan malam. Jangan lupa camilan si kecil juga tetap diberikan.

1 komentar:

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

trima kasih informasinya mas, sangat bermanfaat sekali :)

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls