Kamis, 27 September 2012

Info dan Sejarah


Berdiri: 1902

Alamat: Carrow Road, Norwich, NR1 1JE, UK England

Telepon: +44 (0)1603 760760

Ketua: Alan Bowkett

Direktur: Michael Foulger and Stephan Phillips

Stadion: Carrow Road

Sejarah Singkat

Di sebuah kafe, Norwich City didirikan pada 17 Juni 1902. Pertandingan pertama yang mereka mainkan terjadi 6 September 1902 dengan menghadapi Harwich & Parkeston di stadion Newmarket Road. Pada 1905, Norwich menanggalkan status amatir dan menjadi profesional. Julukan yang mereka pakai adalah Canaries karena popularitas burung kenari di kota tersebut saat itu.

Norwich baru berhasil mencicipi kasta tertinggi sepakbola Inggris pada musim 1971/72 bersama manajer Ron Saunders. Setahun berselang, untuk kali pertama mereka tampil di stadion Wembley meski kemudian dikalahkan Tottenham Hotspur 1-0 di ajang Piala Liga.

Musim 1984/85 menjadi musim yang ironi bagi Norwich. Mereka berhasil menjuarai Piala Liga, tetapi terdegradasi ke divisi satu. Rekor tersebut menjadikan Norwich sebagai klub Inggris pertama yang berhasil menjuarai sebuah piala dan terdegradasi pada musim yang sama. Catatan ini baru terulang lagi musim lalu dengan menimpa Birmingham City. Sayangnya, jatah Norwich tampil di kompetisi Eropa dibatalkan akibat Tragedi Heysel.

Salah satu musim penuh kenangan bagi Norwich terjadi pada 1992/93 atau persis pada era Liga Primer dimulai. Mendominasi liga sejak awal hingga menjelang akhir, Canaries akhirnya harus puas menempati peringkat ketiga di belakang juara Manchester United dan Aston Villa. Musim berikutnya mereka tampil di Piala UEFA dan berhasil mengalahkan Bayern Munich di kandang lawan, meski kemudian disingkirkan Inter Milan.

Musim 1994/95, Norwich terdegradasi ke divisi Championship dan baru berhasil kembali ke level tertinggi sembilan tahun berselang, 2003/04. Namun, mereka langsung terdegradasi kembali dan dimulailah periode muram bagi klub kuning-hijau ini. Musim 2008/09, setelah serangkaian kemelut kepelatihan, Norwich terempas ke divisi dua atau setingkat di bawah divisi Championship.

Muncul lah sosok juru selamat pada diri Paul Lambert. Eks pemain Norwich asal Skotlandia ini berhasil membawa Norwich menjuarai divisi dua dan kembali ke Championship pada musim debutnya. Seakan belum puas menularkan inspirasi, Lambert kembali sukses mengangkat Norwich ke divisi teratas sepakbola Inggris hanya dalam waktu dua musim!

Inspirasi seperti itu kembali dibutuhkan Norwich dalam mengatasi tantangan di Liga Primer musim ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls