Sabtu, 28 Juli 2012

Info dan Sejarah


Berdiri: 1879

Alamat: Craven Cottage, Stevenage Road, London SW6 6HH England

Telepon: 0870 442 1222

Faksimile: 020 8336 0514

Surat Elektronik: enquiries@fulhamfc.com

Laman Resmi: http://www.fulhamfc.com

Ketua: Mohamed Al-Fayed

Direktur: Alistair Mackintosh

Stadion: Craven Cottage

Sejarah Singkat
Fulham didirikan pada 1879 oleh jemaat Gereja Inggris. Klub mulai menanggalkan seragam amatirnya pada 1907 ketika sukses meraih tiket berlaga di Football League dengan merengkuh gelar Liga Selatan untuk kali kedua. Kemenangan pertama Fulham di kancah kompetisi tertinggi Inggris diukir di kandang Derby County, Baseball Ground, dengan skor 1-0 pada 7 September 1907. Pada periode ini, klub sempat dipimpin Henry Norris, yang juga tercatat sebagai penyandang dana tak langsung Chelsea. Saat menolak ajakan Gus Mears untuk membeli tanah tempat stadion Stamford Bridge saat ini, Mears memutuskan untuk membentuk klub sendiri. Pada 1910, Norris menggabungkan jabatannya dengan kursi kepresidenan di Arsenal.

Selama bertahun-tahun, Fulham lebih dikenal sebagai tim divisi bawah sepakbola Inggris. Pada 1975, Fulham tampil mengejutkan dan lolos ke final Piala FA. Saat itu tim ditangani pelatih Alec Stock dan diperkuat pemain-pemain bernama besar, seperti Alan Mullery dan Bobby Moore. Tak gampang mencapai final saat itu, karena Fulham harus memainkan 11 pertandingan, termasuk partai ulangan, sebelum singgah di Wembley. Di final, Fulham ditekuk West Ham United.

Fulham terbenam hingga akhirnya datanglah uluran tangan Mohamed al-Fayed pada 1997. Milyarder asal Mesir ini merombak skuad dan melakukan revolusi yang mengubah wajah klub seperti saat sekarang ini. Al-Fayed mengangkat duet Ray Wilkins, sebagai manajer tim, dan Kevin Keegan, sebagai Chief Operating Officer, dengan target menembus Liga Primer dalam waktu lima tahun. Saat itu, Fulham masih berkutat di Divisi Dua. Setelah terjadi silang pendapat tentang pemilihan pemain, Wilkins mundur dan Keegan memegang penuh kendali tim. Fulham sukses menjuarai Championship 2000/01 dan mewujudkan mimpi bermain di Liga Primer. Hebatnya, setelah promosi, Fulham tak pernah terdegradasi hingga musim ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls