Kamis, 26 Juli 2012

Info dan Sejarah


Berdiri: 1878

Alamat: Goodison Park, Liverpool L4 4EL England

Telepon: 0151.330.22.00

Faksimile: 0151.286.91.12

Surat Elektronik: everton@evertonfc.com

Laman Resmi: http://www.evertonfc.tv

Ketua: Bill Kenwright

Direktur: Robert Earl

Stadion: Goodison Park

Sejarah Singkat
Everton menjadi klub yang paling lama bermain di divisi teratas kompetisi sepakbola Inggris. Musim ini menjadi musim ke-107 bagi Everton dan klub asal Merseyside ini sudah tampil sejak Liga Primer dipentaskan pada 1992 lalu. Everton berdiri sejak 1878 dan ikut mendirikan The Football Lague sepuluh tahun kemudian. Tak butuh waktu lama untuk mencicipi kesuksesan pertama. Pada 1891, Everton sukses merengkuh gelar liga pertama. Setelah lima gelar liga dan dua trofi Piala FA kemudian, Everton mandek dan baru bangkit pada 1960an. Dua gelar liga dan satu trofi Piala FA menjadi buah kesuksesan periode tersebut.

Pada pertengahan 1980an, Everton kembali menikmati periode keemasan. Bersama manajer Howard Kendall, Toffees meraih dua gelar liga dan satu trofi Piala FA lagi. Gelar domestik dilengkapi dengan trofi Piala Winners 1984/85, satu-satunya gelar Eropa yang pernah direngkuh Everton hingga saat ini. Sayangnya, kejayaan domestik tersebut tidak bisa ditularkan ke Eropa karena insiden Heysel. Tragedi mengerikan itu membuat klub-klub Inggris diasingkan dari kompetisi Eropa selama lima tahun. Everton pun gagal memperoleh peluang mengulangi sukses tim-tim Inggris di kejuaraan antarklub Eropa selama periode 1980-an.

Ketika larangan tersebut dicabut UEFA dan Inggris memasuki era Liga Primer, prestasi Everton mulai menurun. Terkecuali menjuarai Piala FA 1994/95, status Everton lebih lekat sebagai tim semenjana. Setidaknya kehadiran manajer Joe Royle saat itu sempat membuat klub disegani dan Everton sukses menduduki peringkat keenam Liga Primer musim 1995/96. Penampilan Everton kembali menurun, hingga akhirnya David Moyes datang. Manajer asal Skotlandia ini menyelamatkan Everton dari ancaman degradasi musim 2001/02. Lambat laun, tangan dingin Moyes mengangkat kembali penampilan tim. Selama empat tahun terakhir, Everton stabil di zona Eropa klasemen. Stabilitas tersebut membuat Everton disegani tim-tim lain, apalagi sepanjang Moyes masih berada di bangku cadangan tim.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls